BTI Consultants: Tahun Ini Jabatan Perekrut Paling Banyak Dicari

Ario Fajar

SWA.co.id, August 29, 2012. Selain Chief Executive Officer dan Country Manager, posisi sebagai recruiter (perekrut) semakin banyak dicari. Bernadette Themas, Managing Director BTI Consultants, memaparkan, tahun ini permintaan perekrut dari perusahaan menunjukkan grafik peningkatan. Pasalnya, jabatan tersebut menjadi tumpuan perusahaan untuk mendapatkan karyawan terbaik.

Untuk mengisi posisi tersebut, perusahaan memasang beberapa syarat. Misalnya, memiliki jaringan yang luas sehingga dekat dengan orang-orang yang memiliki keahlian, pandai mempersuasi dan negosiasi. “Kebanyakan dari perusahaan justru mengambil recruiter dari perusahaan headhunter, “ ujar Bernadette.

Meningkatnya permintaan tersebut, menurutnya, disebabkan karena semakin derasnya arus investasi yang masuk ke Indonesia. Banyak perusahaan asing yang menanamkan modal dan menjalankan bisnisnya di Tanah Air. Untuk memenuhi kebutuhan karyawan, perusahaan biasanya menggunakan jasa headhunter atau mengandalkan perekrut untuk menarik orang yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. “Permintaan hampir di segala sektor bisnis,” sambungnya.

Selain perekrut, posisi yang paling banyak dicari tahun ini adalah pemasaran dan penjualan, pengembangan bisnis, dan keuangan. Tidak sedikit perusahaan yang harus mendatangkan tenaga kerja asing. Misalnya untuk sektor pertambangan, posisi mining manager masih banyak dipasok dari Kanada dan Australia. Bahkan untuk bisnis pakan ternak, sebagian poisisi dikerjakan oleh orang India dan Kanada.

“Sebenarnya tarik-menarik orang ini cukup kuat dan hampir berlaku disegala sektor bisnis. Kondisi ini disebabkan karena kaderisasi yang kurang dari perusahaan. Sekali pun ada, best talent itu akan ditarik atau diminta untuk men-direct perusahaan lain dan tidak ada transfer knowledge dari talent ke calon talent yang lainnya,” Bernadette menguraikan. (EVA)